Rabu, 11 Februari 2015

Yuk Diintip Jenis - Jenis Bisnis Online

BERBISNIS ONLINE DAN BISNIS OFFLINE

by Edwin Bonardo
524EED52

Jenis-jenis berbisnis online hampir sama saja dengan berbisnis offline. Namun dengan keuntungan, jangkauan yang cukup luas dan modal yang lebih sedikit lah sehingga jaman sekarang orang mulai gencar melakukan bisnis online. Namun persamaan bisnis online dan bisnis offline terletak dari bagaimana cara kita memasarkan produknya. Ada yang bertipe door to door, asongan, toko, pasar dan mall.

Tidak ada yang salah dalam memilih jenis bisnis online. Yang terpenting aspek kenyamanan dan cepat mendapatkan penjualan. Kalau saran saya semua jenis bisnis online dilakukan agar penjualan jadi lebih optimal. Yuk disimak jenis bisnis online dan persamaannya di bisnis offline.

1. Bisnis Online yang dilakukan dengan menggunakan social media seperti facebook, twitter, Instagram dan lain-lain jenis social media.

Jika dianalogikan di bisnis offline kegiatan ini sama halnya dengan kegiatan bisnis yang dilakukan salesman, pedagang keliling. Kenapa bisa begitu? karena kita datang menawarkan produk kepada calon pembeli. Terkadang dilakukan dengan cara mentag walaupun kegiatan ini sering kali menjadi fatal akibatnya dengan di unfriend jika orang yang ditag tidak suka. Biasa Bisnis Online dengan menggunakan social media adalah produk yang diinginkan karena kita menawarkan kepada calon pembeli ketika produk tersebut memang diminati maka terjadi penjualan.

Jenis Bisnis Online
Pedagang Keliling

2. Bisnis Online yang dilakukan dengan cara mempunyai web / situs baik yang gratisan seperti blogspot, wordpress.com , blogdetik, youtube atau yang berbayar seperti .com co.id dll

Jika dianalogikan di bisnis offline, kegiatan ini sama halnya seperti kita membuka toko. Calon pembeli datang ke toko kita untuk mencari apa yang dibutuhkannya. Jika di bisnis online calon pembeli bisa berdatangan melalui mesin pencari baik google, yahoo bing yandex (rusia) atau melalui link-link yang kita tebar di social media atau media-media lainnya. Sistemnya ada yang masih sederhana seperti memposting gambar produk dan keterangannya di web namun calon pembeli masih melakukan kontak baik melalui no phone ataupun lewat BB, Line atau Whatsapp.

Ada juga sistem yang sudah lebih canggih dengan menggunakan shopping chart pembeli tinggal memilih produk yang dibutuhkan nanti setelah selesai akan keluar total pembayaran yang harus dibayarkan. Pembeli dan penjual seminimal mungkin dalam kontak.

Jenis Bisnis Online
Toko



3. Bisnis Online yang dilakukan dengan cara memasarkan lewat marketplace / pasar online seperti Kaskus OLX, Tokopedia Elevania Bukalapak.

Jika dianalogikan dalam berbisnis offline. Jenis bisnis ini seperti kita mempunyai toko atau tempat di pasar dan mall sehingga para calon pembeli mendatangi tempat jualan kita melalui pasar yang tersedia. Bisa juga melalui mesin pencari seperti google yahoo bing dan yandex. Sistem pembayarannya ada yang sistemnya pembayaran konsumen langsung ke penjual. Atau pembayaran melalui pihak marketplace ketika produk sudah sampai ke konsumen baru pembayaran dilakukan kepada penjual.


Jenis-jenis Bisnis Online
Toko Di Mall


Nah inilah dasar jenis Bisnis Online yang tidak jauh berbeda dari Bisnis Offline. Diharapkan dengan membaca artikel diatas. Anda dapat menambah wawasan dan mempunyai gambaran umum. Jika ditanya mana yang lebih bagus. Kalau saya pribadi akan melakukan semuanya hehe

Jenis Bisnis Online
Bisnis Online


Tidak ada komentar:

Posting Komentar