Rabu, 26 November 2014

5 Alasan Kenapa Calon Pembeli Tidak Membeli

by Edwin Bonardo | 7E8B389F

Assalammualaikum Wr Wb

Hi apakabar semuanya

Tadi malam saya mendapat materi tentang how to close a sale yang di pandu oleh Mr. Victor Antonio artikel aslinnya 5 Reasons Clients Don't Buy. Menerangkan sebab tidak terjadi penjualan. Bagi para penjual atau marketing Faktor Fundamental inilah yang harus diperhatikan sehingga dalam mencapai closing salah satu atau kelima sisi ini harus diperhatikan ya.

Dalam Materi 5 Reason Clients Don't Buy ( 5 alasan tidak terjadi penjualan ) Mr Victor Antonio menjelaskan bahwa kita harus memperhatikan 5 alasan fundamental. Alasannya apa saja ya. Yuk kita simak baik-baik :

edwin-diary.blogspot.com
No Money

1. No Money ( Tidak Punya )

Tentunya bagi Pemasar alasan seperti ini banyak di jumpai ketika menawarkan produk. Dan sebagai Pemasar alasan seperti ini seperti menohok di jantung hihi tapi mungkin kita bisa mengantipasinya dengan menawarkan produk tersebut di lain waktu yang tepat.

Edwin-Diary.Blogspot.com
No Time

2. No Time ( Tidak Ada Waktu )

Pernah ketika menawarkan produk kepada clients, Saya ditolak dengan alasan sedang terburu-buru dan banyak kerjaan yang musti dilakukan. Saya minta waktu 5 menit saja untuk mempresentasikan produk saya tetap ditolak. Akhirnya ketika Beliau makan siang, saya meminta tempat duduk semeja dengan beliau dan sambil santap siang mulailah meminta untuk mempresentasikan produk yang saya miliki. Jadi Hargailah waktu orang lain, Jika calon klien Big potensial carilah celah untuk dapat menawarkan produk tapi tidak secara frontal.

Edwin-Diary.Blogspot.com
No Need
Mau Free Ebook Youtube Marketing ? Silahkan Klik

3. No Need ( Tidak Diperlukan )

Ya iyalah hampir semua barang yang tidak diperlukan masuk list untuk tidak dibeli hehe kecuali orang yang sudah bingung mau diapaain lagi duitnya koq gak habis-habis tapi kan kayaknya jarang ketemu orang seperti ini betul kan Pak Bro. Sebenarnya masih ada jalan jika produk itu termasuk barang yang tidak dibutuhkan. Bagaimana kita menciptakan produk tersebut menjadi barang yang diinginkan?? gimana caranya ya. Sebenarnya menurut riset 80% orang membeli dikarenakan keinginan bukan kebutuhan koq bisa ya?? Iyalah coba riset sendiri ketika Lapar kebetulan duit lagi banyak pasti kita milih makanan yang enak kan dan ingin masuk kedalam keinginan. Kalau kebutuhan ya makan nasi plus tempe udah cukup. Tapi karena keinginan jadi macam-macam deh muali dari sate, salad es campur psst penulis jadi ngiler ni. Nah cara untuk menciptakan barang itu menjadi keinginan bisa dengan cara menambah nilai prestise pada produk tersebut. Misalnya sebuah jaket kulit kan biasa ya coba kalo yang pake saya pasti orang gak liat hehe becanda. Coba kalo yang pake artis GGS, Para ABG mungkin sedang berniat untuk mengkoleksi Jaket Kulit GGS betul kan?

Edwin-Diary.blogspot.com
Not Urgent


4. Not Urgent ( Bisa Kapan-kapan Saja )

Nah ini alasan klasik calon pembeli, karena mungkin produknya tersedia kapan saja, maka mereka menunda untuk membeli. Coba dipakai strategi Hanya dibatasi pembelian ke 10 untuk diskon 50% atau produk ini limited pastinya konsumen bakal tergerak untuk membeli. Atau biasanya agen asuransi akan memberi warning atau ancaman halus yang emang benar si. Kalo tidak membeli polis dari sekarang ketika kondisi kritis baru mau masuk asuransi bakal ditolak permohonannya.

Edwin-Diary.Blogspot.com
No Trust


5. No Trust ( Gak Bisa Dipercaya )

Nah masalah ini sebenarnya lebih ke dalam diri si penjual. Banyak para pembeli akhirnya tidak jadi membeli karena mereka kurang yakin dengan si penjual/pemasar. Baik dari sikapnya, skillnya maupun behaviour. Untuk itu tenaga pemasar selain menjaga kepercayaan juga harus meningkatkan wawasannya akan produk yang di tawarkan. Bagaimana konsumen mau membeli jika kita tidak bisa menjelaskan cara kerja produk ini pada garis besarnya. atau rasa produknya seperti apa?

Begitulah artikel yang dibawakan Mr Victor Antonio yang saya sadur bebas. Teringat Hadits RasululLah Barang siapa yang menjaga tali silaturahim maka akan dipanjangkan umurnya dan dimudahkan rejekinya. Ternyata ke 5 alasan tidak membeli bisa diminimalisir dengan mengikuti Hadits RasululLah tersebut Shahih.

Salam Action :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar